• Pendidikan Informal, formal, dan nonformal


    Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Secara umum, terdapat tiga jenis pendidikan, yaitu pendidikan informal, formal, dan nonformal. Sejak lahir kita sudah mendapatkan pendidikan. Keluarga, terutama ibu, merupakan pendidik utama yang memberikan kita ilmu tentang kehidupan tepat sejak pertama kali kita dilahirkan ke dunia. Dari keluarga, kita mendapat apa yang disebut dengan pendidikan informal. Pendidikan informal adalah pendidikan yang berlangsung di lingkungan keluarga dan lingkungan tempat tinggal.

    Selain pendidikan informal, ada juga yang disebut dengan pendidikan formal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah pada umumnya. Dalam pendidikan formal terdapt beberapa tingkatan, yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Pendidikan dasar didapat dari sekolah dasar, dan pendidikan menengah terdiri atas dua tahap pendidikan, yaitu sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA). Setelah itu, ada yang namanya pendidikan tinggi yang diadakan oleh perguruan tinggi, yang meliputi program sarjana, magister, doktor, dan spesialis.

    Tidak hanya pendidikan informal dan formal, ada pula yang dinamakan pendidikan nonformal. Pendidikan nonformal adalah pendidikan yang didapat di luar jalur pendidikan formal yang diselenggarakan oleh badan pendidikan resmi. Pendidikan nonformal dapat dengan mudah kita temukan, khususnya yang diperuntukkan usia dini. Misalnya, TPA atau taman pendidikan Al-qur'an yang sering kita temukan di mesjid, dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Tidak terbatas hanya untuk usia dini, pendidikan nonformal pun diperuntukkan tingkatan usia lainnya. Contohnya, kursus (kursus menjahit atau bahasa) dan bimbingan belajar.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Techno