• Daun Sembung

    Ada yang pernah dengar daun sembung? mungkin banyak yang belum tau mengenai daun yang satu ini, saya juga baru memperhatikan daun yang satu ini ketika istri saya baru melahirkan, kemudian disarankan untuk meminum air rebusan daun sembung ini setiap pagi, katanya sih agar peranakan bersih..hehe, begitulah kira-kira kisah yang saya alami, yang kemudian mendorong saya untuk mencari tahu kebenaran dari khasiat daun sembung ini.

    Tumbuhan Sembung (Daun sembung) sebenarnya Berasal Dari Nepal yang hidup ditempat terbuka sampai agak terlindung ditepi sungai.dapat tumbuh di tanah berpasir atau tanah yg aga basah sampai pada ketinggian 2.200M dpl. Tumbuhan tinggi mencapai 4 m, percabangan pada ujungnya, berambut halus. Ini dia penampakannya:



    Mafaat dan Khasiat
    Sembung bersifat pedas, sedikit pahit, hangat dan baunya seperti rempah. Berkhasiat sebagai antibakteri, melancarkan peredaran darah, menghilangkan bekuan darah dan pembengkakan, peluruh kentut (karminatif), peluruh keringan (diaforetik), peluruh dahak (ekspektoran), astrigen, tonikum dan obat batuk.

    Bagian yang Digunakan
    Daun dan akar muda dari tumbuhan yang belum berbunga  dan segar atau yang telah dikeringkan.

    Manfaat dari Daun sembung
    berkhasiat mengatasi:
    • Rematik sendi, persendian sakit setelah melahirkan,
    • Nyeri haid, datang haid tidak teratur,
    • Influenza, demam, sesak napas (asma), batuk, bronkitis,
    • Perut kembung, diare, perut mulas,
    • Sariawan,
    • Nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah koroner (angina pektoris) , dan,
    • Kencing manis (diabetes melitus) 
    Manfaat dari Akar sembung
    Akar muda berkhasiat mengatasi:
    • Darah haid berlebihan (menoragia) ,
    • Kurang nafsu makan
    • Sakit perut, diare, cacingan dan,
    • Rematik sendi

    Cara Pemakaian dan cara meramu Daun sembung

    Gatal-gatal
    Daun kering sebanyak 9 - 18 g atau daun segar sebanyak 15 - 30 g direbus, minum. Untuk pemakaian luar, daun segar direbus dan airnya dipakai untuk pengobatan wasir, memar, bisul, radang kulit bernanah dan gatal-gatal pada kulit.

    Diare
    Daun sembung segar sebanyak 1 genggam dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Tambahkan 3 gelas air bersih lalu direbus sampai airnya tersisa 1 1/2 gelas. tambahkan madu seperlunya, lalu diminum 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

    Haid tidak teratur, Perut kembung

    Daun sembung segar sebanyak 20g dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 3/4 nya. Tambahkan sedikit madu, lalu diminum. Sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas.

    Nyeri Haid
    Daun sembung segar sebanyak 5 lembar dan 5 biji kedaung yang telah dipanggang dan dihaluskan direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa separonya. Minum sekaligus setelah dingin.

    Angina Pektoris

    Daun sembung segar sebanyak 5 lembar dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 3/4 nya. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari 3 kali @ 3/4 gelas. Lakukan setiap hari.

    Rematik Sendi
    Akar sembung 30 g dan daun gandarusa 60 g dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dan diminum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

    Demam
    Daun sembung segar sebanyak 15 g dicuci lalu direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum 2 kali sama banyak pagi dan sore.

    Kurang nafsu makan
    Akar sembung dari tumbuhan yang belum berbunga sebanyak 30 g dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Seduh dengan secangkir air panas. Setelah dngin disaring, kemudian diminum sekaligus.


    Catatan
    Merebus daun sembung harus dalam panci tertutup, supaya minyak asirinya tidak menguap.

     
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Techno