• Membuat aplikasi pertama menggunakan Yii Framework di Windows

    Sebelum kita memulai untuk membuat aplikasi menggunakan Yii Framework, tentunya kita harus menginstal-nya dahulu. Instalasinya sangat mudah, kita hanya perlu mendownload Yii Framework yang telah disediakan di website Yii (http://www.yiiframework.com/), kemudian unpack file tersebut dan pindahkan pada direktori yang dapat di akses di web komputer anda (localhost).

    Setalah itu kita lanjut untuk membuat aplikasi Yii pertama kita dengan langkah2 sebagai berikut:

    Buka command prompt anda dan masukkan perintah seperti yang tertera di gambar beikut:


    Pada baris pertama, kita memerintahkan direktori berpindah ke direktori dimana Yii Framework telah di install. Setelah itu kita akan menjalankan perintah pada file “yiic” yang terdapat di dalam folder yii\framework untuk membuat aplikasi baru dengan nama sesuai dengan yang kita perintahkan.
    Setelah itu akan muncul sebuah pesan untuk memastikan kita sudah yakin membuat aplikasi yang kita inginkan, ketikkan perintah “Yes” jika anda sudah yakin untuk membuat aplikasi tersebut. Jika berhasil, maka command prompt akan menampilkan pesan seperti berikut :


    Jika sudah selesai, maka silahkan buka browser anda dan masukkan alamat berikut : http://localhost/namaAplikasi/. Akan terlihat tampilan web seperti berikut :


    apabila browser berhasil menampilkan seperti gambar di atas, itu artinya anda sudah berhasil membuat aplikasi pertama anda...

    Semoga bermanfaat :-)
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Techno