• Jahe untuk kesehatan



    Kini para ahli kesehatan yang telah membuat penelitian telah menemukan banyak manfaat dari jahe, yakni :
    1. Merangsang pelepasan hormone adrenalin, memperlebar pembuluh darah, sehingga darah mengalir lebih cepat dan lancer. Tubuh menjadi lebih hangat, kerja jantung memompa darah lebih ringan sehingga tekanan darah menjadi menurun.
    2. Jahe mengandung dua enzim pencernaan yang penting, pertama : protease, yang berfungsi memecah protein. Kedua lipase, yang berfungsi memecah lemak. Kedua enzim ini membantu tubuh mencerna dan menyerap makanan.
    3. Jahe sekurangnya mengandung 19 komponen bio-aktif yang berguna bagi tubuh. Komponen yang paling utama adalah gingerol yang bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi, mencegah tersumbatnya pembuluh darah, yang merupakan penyebab utama stroke dan serangan jantung. Bahkan, diperkirakan juga membantu penurunan kadar kolesterol.
    4. Bagi mereka yang mengalami mabuk perjalanan akibat perut mengalami kontraksi, sehingga timbul rasa mual bias dicegah dengan minum wedang jahe. Caranya : jahe sepanjang satu ruas jari, dipukul-pukul, masukkan ke dalam air panas, beri madu secukupnya lalu minum. Bisa juga menggunakan the jahe bubuk, satu langsung makan dua kerat jahe, jika tahan.
    5. Membuat lambung menjadi nyaman, dan membantu mengeluarkan angin. Meringankan kram perut saat menstruasi atau akibat makan-makanan berlemak.
    6. Membantu tubuh melawan flu. Kandungan antioksidannya membantu menetralkan efek merusak diakibatkan radikal bebas di dalam tubuh.
    7. Merupakan pereda rasa sakit yang dialami karena nyeri seperti : rematik, sakit kepala dan migren.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Techno